Tahapan Penelitian Kualitatif

Tahapan Penelitian Kualitatif

Hallo, selamat malam, pada kali ini akan membawakan mengenai skripsi mahasiswa hukum Tahapan Penelitian Kualitatif simak selengkapnya.

Rikaariyani.com, Jambi- Tahapan Penelitian Kualitatif- Salah satu hal yang perlu dipahami bagi mahasiswa tingkat akhir adalah mengenai metode penelitian, akibat tak bisa dielakkan, semua mahasiswa pasti akan melakukan investigasi untuk skripsinya sebagai syarat keguguran yang harus dipenuhi.

Secara awam ada 2 model investigasi yang bisa digunakan, yaitu investigasi kualitatif dengan investigasi kuantitatif. Penelitian kualitatif tak cuma tentang data, dengan investigasi kuantitatif tak cuma tentang angka. Banyak hal yang perlu dipahami mudah-mudahan menghasilkan investigasi yang berkualitas. 

Di dalam artikel ini akan penulis selidik mengenai tahapan investigasi kualitatif. 

TAHAPAN PENELITIAN KUALITATIF YANG PERLU KAMU KETAHUI

PENGERTIAN PENELITIAN KUALITATIF

Penelitian kualitatif adalah investigasi yang digunakan untuk menyelidiki dengan memahami fenomena yang terjadi di lapangan dengan menggunakan teori-teori yang ada sebagai benih penjelas. Dalam investigasi ini, peneliti adalah sebagai instrument kunci. Yang membedakannya dengan investigasi kuantitatif adalah investigasi ini berangkat dari bahan dengan berakhir dengan sebuah teori.

Menurut Sugiyono (2011), investigasi kualitatif melahirkan investigasi yang digunakan untuk memelajari ihwal objek menurut alamiah, pengambilan bahan dilakukan menurut purposive alias snowball, pengurangan bahan bersifat induktif dengan hasil investigasi lebih mementingkan pada makna.

TAHAPAN PENELITIAN KUALITATIF

1. Membuat Rancangan Penelitian

Langkah pertama, anda harus memastikan permasalahan apa yang akan anda angkat. Permasalahan melahirkan suatu pondasi dalam melakukan suatu penelitian. Masalah adalah peristiwa yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari yang perlu diselesaikan dengan dicari jawabannya. Tanpa adanya masalah, alkisah investigasi tak akan terjadi.

Setelah memastikan permasalahan, anda perlu menyusun beberapa pertanyaan untuk mendalami permasalahan tersebut.

2. Memilih Lokasi Penelitian

Pemilihan lokasi investigasi harus betul-betul awas dengan hati-hati, akibat di lokasi itulah bahan akan diperoleh. Banyak mahasiswa yang terkendala dalam penulisan skripsi akibat salah memilah lokasi penelitian. Saran saya, pilihlah lokasi yang mudah dijangkau dengan ekonomis.

3. Menentukan Subjek Penelitian

Subjek investigasi adalah sumber bahan elementer dalam investigasi kualitatif. Kriteria penentuan pokok investigasi diantaranya adalah:  1)    Mereka yang menguasai dengan memahami tema yang saya teliti, 2) mereka yang bergiat pada kegiatan yang saya teliti, 3) mereka yang memiliki waktu yang akseptabel untuk saya minta informasi.

4. Mengumpulkan Data

Setiap investigasi memiliki proses akumulasi bahan yang berbeda, tergantung model investigasi yang digunakan bagi peneliti. Mengumpulkan bahan melahirkan salah satu kegiatan penting dalam sebuah penelitian. Apabila salah dalam proses akumulasi bahan tentu akan berpengaruh terhadap pengurangan bahan yang akan saya lakukan.

Pengumpulan data tak boleh dilakukan menurut sembarangan dengan asal-asalan. Ada langkah dengan teknik yang harus diikuti. Tujuannya adalah untuk mendapatkan bahan yang valid sehingga hasil investigasi tak diragukan kebenarannya. Beberapa metode akumulasi bahan dalam investigasi kualitatif antara lain: observasi, wawancara, dengan dokumentasi.

5. Analisis Data

Analisis data melahirkan proses penyusunan bahan yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dengan dokumentasi. Analisis bahan dilakukan dengan cara memobilisasi bahan ke dalam kategori, kemudian memilah mana yang penting, serta melahirkan kesimpulan sehingga dapat mempermudah orang asing dalam memahaminya. Dalam investigasi kualitatif, pengurangan bahan dilakukan semasa proses akumulasi bahan berlangsung.

6. Penyajian Data

Langkah terakhir adalah pengajuan data. Penyajian bahan dalam investigasi kualitatif berbentuk narasi dengan tak menggunakan angka-angka. Pada tahap ini anda dapat menyajikan temuan-temuan yang anda peroleh di lapangan.



Demikian, moga-moga bermanfaat…

begitulah penjelasan mengenai Tahapan Penelitian Kualitatif semoga info ini menambah wawasan salam.