Pengertian Reduksi Data Menurut Para Ahli

Pengertian Reduksi Data Menurut Para Ahli

Hi, bertemu kembali, artikel ini akan dibahas mengenai skripsi mahasiswa keperawatan Pengertian Reduksi Data Menurut Para Ahli simak selengkapnya.

Pengertian Reduksi Data Menurut Para Ahli- Salah ahad metode pengurangan bahan dalam eksplorasi kualitatif ialah pengecilan data. Apa itu pengecilan data? pengecilan bahan ialah memilih bahan sesuai dengan topik penelitian. Kegiatan pengecilan bahan ini dapat mengakomodasi penelaah dalam melakukan agregasi bahan selanjutnya. 

Pengertian pengecilan data

Reduksi bahan dapat diartikan sebagai aksi cakup hal-hal yang dianggap penting dan sesuai dengan tema penelitian. Reduksi bahan jua merupakan cara berpikir kritis yang memerlukan kecerdasan dan intensitas wawasan.

Reduksi bahan ialah ahad metode pengurangan bahan yang dapat digunakan akibat penelaah dalam menganalisis hasil penelitian.

Reduksi bahan jua dapat dipahami sebagai cara memilih bahan yang telah terkumpul ke dalam satu bagian alias pokok permasalahan.  

Reduksi bahan dilakukan selama cara agregasi bahan berlangsung. Pada tahap pengecilan data, penelaah dapat memberikan kode, meringkas, dan membuat bagian-bagian tertentu. Pada tahap ini, penelaah dapat menyingkirkan data-data yang dianggap tidak perlu. 

Proses pengecilan bahan terus berlanjut hingga laporan eksplorasi tersusun lengkap. Salah ahad tujuan dari pengecilan bahan ini ialah agar memudahkan eksplorasi dalam menarik kesimpulan. Data yang direduksi akan memberikan gambaran yang lebih spesifik dan lebih gampang penelaah mengumpulkan bahan yang selanjutnya. 

Pengertian Reduksi Data Menurut Para Ahli

1. Sugiyono  

Menurut Sugiyono (2015), pengecilan bahan ialah mencatat bahan yang telah diperoleh dengan teliti dan rinci. Data yang telah direduksi akan memberikan gambaran yang lebih jelas dan gampang penelaah untuk melakukan agregasi bahan selanjutnya. Reduksi bahan jua dilakukan untuk memandu penelaah agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan.

2. Miles dan Huberman

Menurut Miles dan Huberman (2007), pengecilan bahan ialah satu bangun pengurangan yang menggolongkan, mengarahkan, dan membuang bahan yang tidak perlu dan mengorganisasi bahan dengan cara sedemikian rupa sehingga dapat ditarik abstrak akhir dan diverifikasi.

3. Mantja

Menurut Mantja (dalam Harsono: 2018) pengecilan bahan dilakukan secara terus-menerus selama eksplorasi berlangsung. Produk dari pengecilan bahan ini ialah berupa ikhtisar dari catatan lapangan, baik catatan awal, maupun catatan tambahan.

4. Agusta

Agusta (2003) mengungkapkan bahwa pengecilan bahan meliputi catur hal, yaitu: meringkas data, mengkode, menelusuri tema, dan membuat gugus-gugus.

5. Daymon dan Holloway

Menurut Daymon dan Holloway (2008), pengecilan bahan ialah cara memilah-milih bahan yang tidak beraturan jadi potongan-potongan yang lebih teratur dengan mengoding, menyusunnya jadi bagian dan merangkumnya jadi pola dan lembaran yang sederhana.

Dapat disimpulkan bahwa pengecilan bahan ialah cara penentuan bahan sesuai dengan fokus penelitian. Reduksi bahan dapat berwujud sinopsis, matriks dan lainnya. Reduksi bahan diperlukan untuk gampang penelaah dalam agak-agih bahan dan memetik kesimpulan. Reduksi bahan jua diperlukan untuk gampang penelaah mengumpulkan bahan tambahan jika diperlukan.

Sekian penjelasan tentang Pengertian Reduksi Data Menurut Para Ahli semoga tulisan ini menambah wawasan terima kasih.