Pengertian Observasi dan Jenis-jenis Observasi Penelitian

Pengertian Observasi dan Jenis-jenis Observasi Penelitian

Hallo, berjumpa kembali, sesi kali ini akan membawa pembahasan mengenai skripsi mahasiswa akuntansi Pengertian Observasi dan Jenis-jenis Observasi Penelitian simak selengkapnya.

Muara Bungo- Pengertian Observasi dan Jenis-jenis Observasi Penelitian- Dalam penelitian kualitatif, penelitian merupakan metode pengumpulan bahan yang amat utama. Metode penelitian dilakukan buat memperoleh cerita ala konkret setiap kejadian atau afair yang berjalan di lapangan. Metode penelitian terbelah menjadi dua jenis, adalah penelitian kontestan dan penelitian jangan partisipan. 

Selengkapnya akan kita bahas di di artikel berikut ini:

Pengertian Observasi

Observasi berakar dari bahasa Latin yang artinya adalah memandang dan memperhatikan. Secara istilah penelitian merupakan cara untuk melihat, memperhatikan, mengamati, dan meninjau dengan teliti satu bahan eksklusif buat mendapat bahan yang valid. Observasi juga boleh diartikan sebagai pengamatan buat mendapatkan informasi yang dibutuhkan. 

Observasi merupakan alpa ahad metode pengumpulan bahan di penelitian kualitatif. Observasi dilakukan dengan aturan mengamati atau meninjau ala melantas di lokasi penelitian buat melihat kondisi yang siap di lokasi penelitian. 

Menurut Sugiyono (2018:229) penelitian merupakan metode pengumpulan bahan yang mempunyai ciri distingtif bila dibandingkan dengan metode yang lain. Observasi tidak terbatas pada orang, melainkan juga objek-objek alam yang lain. Melalui kegiatan penelitian peneliti boleh melihat mengenai perilaku dan makna dari perilaku tersebut.

Menurut Widoyoko (2014:46) penelitian merupakan pengamatan dan pencoretan ala analitis terhadap gejala-gejala yang siap pada bahan penelitian. 

Sedangkan berdasarkan Riyanto (2010:96) penelitian merupakan metode pengumpulan bahan yang menggunakan pengamatan ala melantas maupun tidak langsung.

Sementara itu Suharsimi Arikunto menyatakan bahwa penelitian yakni  pengamatan ala melantas terhadap satu bahan yang siap di lingkungan lokasi penelitian dengan menggunakan panca indra. 

Berdasarkan beberapa penjelasan di atas, boleh disimpulkan bahwa penelitian adalah pengamatan ala melantas terhadap bahan penelitian buat melihat fenomena-fenomena yang siap di lokasi penelitian. Observasi bertujuan buat mendapatkan informasi yang nyata dan boleh dipertanggungjawabkan.

Jenis-jenis Observasi

Observasi terbelah menjadi dua jenis, adalah penelitian kontestan dan penelitian jangan partisipan. 

1. Observasi Partisipan

Observasi kontestan ialah pengamatan yang dilakukan dimana peneliti ikut berpartisipasi dan menjadi bagian dari apa yang diteliti.

Menurut Sanafiah Faisal yang dikutip bagi Sugiyono (2017:226), penelitian kontestan adalah peneliti berkujut dengan orang yang alang diamati atau yang digunakan sebagai akar bahan penelitian. Sambil melaksanakan pengamatan peneliti ikut melaksanakan apa saja yang dikerjakan bagi akar bahan dan ikut merasakan suka dukanya. 

Dengan penelitian kontestan ini, bahan yang diperoleh lebih bulat dan lancip sehingga memudahkan memperoleh bahan yang akurat.

2. Observasi Non- Partisipan

Observasi non-partisipan adalah peneliti melaksanakan pengamatan tanpa berinteraksi melantas dengan subjek penelitian. Di di kejadian ini, peneliti hanya bertindak sebagai penonton, tanpa ikut terjun melantas ke lapangan.

Menurut Lexy J. Moleong (2002), penelitian jangan kontestan ialah penelitian yang dilakukan bagi peneliti hanya dengan ahad fungsi adalah mengadakan pengamatan saja.

Sedangkan Riyanto (2010), mengemukakan bahwa penelitian jangan kontestan adalah tindakan penelitian yang dilakukan dimana observer tidak ikut serta di kehidupan observese.

Demikian penjelasan mengenai observasi, semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung.

begitulah pembahasan tentang Pengertian Observasi dan Jenis-jenis Observasi Penelitian semoga artikel ini berfaedah terima kasih.