Pengertian, Manfaat, dengan Karakteristik Wawancara Mendalam (In-Depth Interview)

Pengertian, Manfaat, dan Karakteristik Wawancara Mendalam (In-Depth Interview)

Allow, bertemu kembali, di kesempatan akan dibahas tentang skripsi mahasiswa keperawatan Pengertian, Manfaat, dan Karakteristik Wawancara Mendalam (In-Depth Interview) simak selengkapnya.

Pengertian, Manfaat, dan Karakteristik Wawancara Mendalam (In-Depth Interview)- Wawancara merupakan bagian dari metode investigasi kualitatif. Wawancara adalah proses soal balas yang dilakukan oleh peneroka dengan narasumber yang terlibat di penelitian. 

Salah satu jenis wawancara yang boleh dilakukan oleh peneroka adalah wawancara mendalam alias in-depth interview. Apa itu wawancara mendalam? dan bagaimana apa|dengan jalan apa} karakteristiknya? Silahkan menyimak memerhatikan penjelasannya atas esai berikut ini:

Pengertian Wawancara Mendalam (In-depth Interview)

Wawancara mendalam (In-depth Interview) adalah kegiatan soal balas jarak peneroka dengan narasumber sambil bertatap muka untuk mencapai amanat terkait masalah penelitian.

Menurut Sutopo (2006:72) wawancara mendalam adalah proses mencapai amanat dengan aturan soal balas sambil bertatap muka jarak pewawancara dengan anak buah yang diwawancarai dengan alias tanpa adanya arahan wawancara.

Menurut Moleong (2005:186) wawancara mendalam merupakan proses menggali penjelasan secara mendalam, terbuka, dan bebas melanda masalah dan fokus penelitian. Wawancara mendalam dilakukan sesuai dengan daftar perbahasan yang telah dipersiapkan sebelumnya. 

Dapat disimpulkan bahwa wawancara mendalam adalah gaya pengumpulan data yang dilakukan oleh peneroka untuk membaca penjelasan melanda permasalahan investigasi melalui soal balas dengan aturan berdekatan melantas dengan sebanyak informan.

Tujuan Wawancara Mendalam

Wawancara mendalam (in-depth interview) memiliki beberapa tujuan, diantaranya adalah:

  1. Untuk membaca amanat secara distingtif melanda topik-topik tertentu dari narasumber alias narasumber. 
  2. Melalui wawancara mendalam, peneroka ada peluang untuk membaca penjelasan yang bersifat pribadi.
  3. Wawancara mendalam juga bertujuan untuk membaca data dan penjelasan yang aci dan akurat.

Manfaat Wawancara Mendalam

Manfaat wawancara mendalam diantaranya adalah:

  1. Dapat menggali penjelasan lebih lengkap dan mendalam dari informan.
  2. Informan boleh lebih leluasa di menjawab perbahasan tanpa adanya aksen (ujaran) dari anak buah lain. 
  3. Pertanyaan yang diajukan bisa memanfaatkan arahan maupun tidak, jika memanfaatkan arahan wawancara alur perbahasan tidak bersifat baku, tergantung dengan kebutuhan lapangan.

   
Karakteristik
In-depth Interview 

Wawancara mendalam alias in-depth interview memiliki idiosinkrasi yang berbeda dengan gaya wawancara lainnya. Adapun idiosinkrasi in-depth interview yaitu sebagai berikut:

1. Menggunakan Pertanyaan Terbuka 

Pertanyaan bebas adalah perbahasan yang dimulai dari apa, mengapa, bagaimana, alias jelaskan. Pertanyaan bebas mengajak anak buah yang diwawancarai untuk berpikir dan merenung atas perbahasan tersebut memerlukan jawaban yang lebih panjang. 

2. Topik wawancara boleh bersifat pribadi

Di di gaya wawancara mendalam ini, poin yang diangkat bisa saja menyinggung kehidupan pribadi narasumber atas bisa menyangkut hal-hal yang sensitif.

3. Adanya ketergantungan emosi jarak pewawancara dengan narasumber

Melalui wawancara mendalam ini, ketergantungan emosi jarak peneroka dengan narasumber alias narasumber dengan sendirinya akan terbangun.

begitulah detil tentang Pengertian, Manfaat, dan Karakteristik Wawancara Mendalam (In-Depth Interview) semoga info ini menambah wawasan salam.