Pengertian, Macam-macam, dengan Cara Menentukan Variabel Penelitian

Pengertian, Macam-macam, dan Cara Menentukan Variabel Penelitian

Hi, berjumpa kembali, artikel ini akan dibahas mengenai metode penelitian kualitatif dan kuantitatif Pengertian, Macam-macam, dan Cara Menentukan Variabel Penelitian simak selengkapnya.

Pengertian, Macam-macam, dan Cara Menentukan Variabel Penelitian- Salah eka keadaan yang harus diperhatikan seorang peneliti setelah melakukan eksplorasi merupakan memasang faktor penelitian. Variabel eksplorasi merupakan alpa eka anggota utama yang tidak boleh diabaikan dalam sebentuk penelitian. 

Apa itu faktor penelitian?

Untuk lebih memahami barang apa itu faktor penelitian, di kolong ini bakal dijelaskan secara detail mengenai faktor eksplorasi yang meliputi pengertian variabel, macam-macam variabel, dan kaidah memasang faktor penelitian.

Pengertian Variabel Penelitian

Variabel eksplorasi adalah sebentuk konsep eksplorasi yang harus diamati dan diteliti oleh seorang penelitian. Variabel eksplorasi juga dapat didefenisikan sebagai kegiatan pemeriksaan hipotesis alias ajukan selama yang bertujuan buat menguji teori dan bahan yang ada di lapangan.

Variabel eksplorasi memiliki fiil yang bervariasi dan beragam, dapat diukur, dan dapat diuji.

Variabel eksplorasi merupakan suatu nama yang biasa digunakan dalam eksplorasi kuantitatif.

Variabel eksplorasi merupakan tahap awal dalam suatu eksplorasi dan merupakan keadaan yang harus ada dalam sebentuk penelitian. 

Para ahli memiliki pandangannya masing-masing mengenai faktor eksplorasi ini. 

Menurut Suharsimi Arikunto (1998), faktor eksplorasi adalah bahan eksplorasi alias barang apa yang menjadi perhatian dalam penelitian.

Menurut Sugiyono (2009), faktor eksplorasi merupakan segala entitas yang ditetapkan oleh peneliti buat dipelajari sehingga dapat mendapat penerangan dan dapat menarik kesimpulan.

Menurut Effendi (1982), faktor eksplorasi merupakan sebentuk konsep yang mengandung disimilaritas nilai.

Menurut Hatch dan Farhady (2015), faktor eksplorasi merupakan bahan yang memiliki disimilaritas eka sama lain.

Sedangkan Kerlinger (2006) mengajukan bahwa faktor eksplorasi merupakan fiil yang bakal dipelajari dan memiliki nilai yang bervariasi. 

Dari jumlah penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa faktor eksplorasi merupakan fiil alias nilai suatu bahan yang ditetapkan oleh peneliti buat dipelajari dan disimpulkan.

Macam-macam Variabel Penelitian

Variabel eksplorasi terdiri dari jumlah macam, diantaranya merupakan sebagai berikut:

1. Variabel Dinamis

Variabel dinamis adalah faktor yang sifatnya dapat berubah-ubah. Contoh: Kinerja karyawan, animo baca, dan lain sebagainya.

2. Variabel Statis

Variabel statis adalah faktor yang sifatnya tetap dan tidak berubah. Misalnya: status sosial, area lahir, dan lain sebagainya.

3. Variabel Konseptual

Variabel konseptual adalah faktor yang tersembungi alias tidak terlihat. Contohnya: dorongan siswa, animo baca, dan lain sebagainya.

4. Variabel Faktual

Variabel faktual merupakan faktor yang dapat dilihat lewat bahan yang ada. Misalnya: pendidikan, agama, dan lain sebagainya.

5. Variabel Nominal

Variabel nominal adalah faktor yang hanya dapat dikelompokkan menjadi jumlah kategori saja. Variabel nominal ini merupakan faktor yang memiliki disimilaritas paling sedikit.

6. Variabel Kontinum

Variabel kontinum adalah faktor yang memiliki derajat alias jenjang. Misalnya faktor peringkat alias kejuaraan.

Baca juga: 

Langkah rekognisi masalah dalam eksplorasi kuantitatif  

Pengertian populasi dan sampel

Cara Menentukan Variabel Penelitian

1. Menentukan Masalah Penelitian

Masalah dalam eksplorasi dilambangkan dengan huruf Y dan disebut sebagai faktor terikat. Contohnya:Kinerja guru.

2. Menentukan Faktor Permasalahan

Faktor permasalahan dilambangkan dengan huruf X alias disebut sebagai faktor bebas. Jika faktor Y merupakan kemampuan guru, bahwa faktor bebasnya merupakan faktor yang mempengaruhi kemampuan guru. Misalnya: Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kemampuan guru.

3. Menyiapkan teori-teori penelitian

Teori-teori eksplorasi berguna buat mendukung faktor bebas dan faktor terikat. Teori-teori tersebut dapat berasal dari beragam referensi, baik dari buku, eksplorasi sebelumnya alias pun jurnal-jurnal. Minimal ada 10 teori yang digunakan buat menguji faktor penelitian.

4. Mempersiapkan Kebutuhan penelitian

Beberapa keadaan yang harus dipersiapkan merupakan rencana penelitian, dokumen-dokumen yang diperlukan, dana yang dibutuhkan, dan keperluan pendukung lainnya.

Baca juga esai lainnya:

Cara pengambilan contoh dalam eksplorasi kuantitatif

Contoh proposal eksplorasi kuantitatif 

begitulah pembahasan mengenai Pengertian, Macam-macam, dan Cara Menentukan Variabel Penelitian semoga info ini berfaedah terima kasih.