Memahami Teknik Pengumpulan Data Fokus Group Discussion (FGD)

Memahami Teknik Pengumpulan Data Fokus Group Discussion (FGD)

Hallo, selamat malam, pada kali ini akan menjelaskan tentang metode penelitian kuantitatif adalah Memahami Teknik Pengumpulan Data Fokus Group Discussion (FGD) simak selengkapnya.

Memahami Teknik Pengumpulan Data Fokus Group Discussion (FGD)- Salah satu gaya pengumpulan data pada investigasi kualitatif adalah Fokus Group Discussion (FGD). FGD dilakukan untuk mengumpulkan data tertentu. Untuk itu saat memilih untuk memakai FGD layak ditetapkan terlebih dahulu data apa yang ingin dikumpulkan lewat FGD. 

Pada awalnya, Fokus Group Discussion (FGD) merupakan gaya pengumpulan data yang digunakan pada investigasi pemasaran. Fokus Group Discussion (FGD) dilakukan untuk memafhumi bagaimana ajaran satu kelompok atas satu hal, bukan ajaran individual.

FGD

 

Pengertian Fokus Group Discussion (FGD)

Focus Group Discussion ataupun yang disingkat dengan FGD merupakan dengar pendapat semi-terstruktur melanda topik tertentu yang sudah ditentukan sebelumnya.

Focus Group Discussion (FGD) jua bisa dipahami sebagai kelompok dialog dengan jumlah anggota 8-12 anak Adam dengan dipimpin bagi moderator. 

Diskusi diawali dengan interogasi dari moderator, kemudian direspon bagi anggota dengan didiskusikan. Moderator memegang peran penting penting pada kegiatan FGD ini, akibat mediator sangat memastikan hasil dialog yang bermanfaat.

Diskusi jua bisa dilakukan ala santai, sehingga anggota bisa mengutarakan pendapat dengan gagasannya tanpa tekanan.

Menurut Irwanto (2006: 1-2), FGD adalah proses pengumpulan data dengan informasi yang sistematis melanda satu permasalahan lewat dialog kelompok.

FGD berdasarkan Kitzinger dengan Barbour (1999) yaitu dialog melanda satu fenomena untuk menghasilkan kesepakatan bersama. Partisipan yang berpartisipasi berbalas-balasan berhubung memberikan interogasi atau memberikan komentar.

Hal yang senada dikemukakan bagi Hollander (2004), Duggleby (2005), dengan Lehoux et al. (2006) bahwa desain FGD merupakan desain untuk memperoleh data ataupun informasi lewat interaksi sosial sekelompok individu yang berpartisipasi di dalamnya.

Pelaksanaan Fokus Group Discussion (FGD)

Fokus Group Discussion (FGD) bisa dilaksanakan pada cuaca formal atau jangan formal. Fokus Group Discussion (FGD) formal dilakukan dengan cara mengundang para informan untuk mengadakan pertemuan di tempat yang telah ditentukan. 

Sedangkan Fokus Group Discussion (FGD) informal dilakukan dengan cara mengundang orang-orang khusus untuk diwawancarai. Wawancara bisa dilakukan dimana saja, bisa di barung-barung ataupun di kafe-kafe. 

Dalam melakukan Fokus Group Discussion (FGD) formal ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi peneliti, diantaranya adalah:

  1. Tetapkan objektif FGD ala jelas.  
  2. Buat catatan interogasi ataupun panduan wawancara.  
  3. Atur tempat duduk yang memungkinkan anggota bisa berbalas-balasan berhadapan.  
  4. Batasi anggota FGD, anggota sebaiknya tidak bertambah dari 10 orang.  
  5. Kontrol dengar pendapat agar bertambah terarah.  
  6. Peneliti layak menerapkan aturan yang ketat. 
  7. Catat setiap tanggapan dengan kesimpulan diskuai ala detail.

Kelemahan Fokus Group Discussion (FGD)

Ada beberapa kecacatan FGD yang perlu diperhatikan bagi peneliti ,  diantaranya adalah:

  1. Kualitas data tergantung kepada  keterampilan peneliti.  
  2. Sulit melakukan analisis. 
  3. Sulit mengumpulkan anggota dialog akibat tidak semua yang diundang bisa datang.  
  4. Keterbatasan waktu sehingga interogasi yang diajukan pun menjadi terbatas.  
  5. Data yang terdapat hanya ajaran kelompok, bukan ajaran individual.  
  6. Data mungkin tidak valid akibat anggota bertambah mendominasi jalannya FGD. 

Demikian penjelasan melanda Fokus Group Discussion (FGD), semoga bermanfaat dengan terimakasih telah berkunjung.

oke pembahasan mengenai Memahami Teknik Pengumpulan Data Fokus Group Discussion (FGD) semoga tulisan ini berfaedah terima kasih.