KELEBIHAN DAN KEKURANGAN PENELITIAN GROUNDED THEORY

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN PENELITIAN GROUNDED THEORY

Hallo, selamat sore, artikel ini akan membawa pembahasan mengenai makalah mahasiswa pdf KELEBIHAN DAN KEKURANGAN PENELITIAN GROUNDED THEORY simak selengkapnya.

Rikaariyani.com- KELEBIHAN DAN KELEMAHAN PENELITIAN GROUNDED THEORY- Bagi seorang peneliti kualitatif, tentu tak asing dengan istilah Grounded Theory. Penelitian ini hampir sama dengan penelitian studi kasus. 

Grounded theory diartikan sebagai teori dasar, yaitu penelitian yang dilakukan buat menciptakan dan menguatkan sebentuk teori. Penelitian ini bertolak dari data-data menuju sebentuk teori, bukan bertolak dari teori atau menguji teori seperti paradigma penelitian kualitatif. 

Penelitian ini memiliki prosedur-prosedur yang terstruktur dengan terencana. Metode analisis bahan yang digunakan ialah teoritisasi data. Penelitian grounded theory dapat diterapkan dalam berbagai bidang ilmu sosial.

Sama dengan penelitian lainnya, penelitian grounded theory jua memiliki kelebihan dengan kekurangan. Apa sahaja kelebihan dengan kekurangannya, simak penjelasan berikut ini:

Penelitian Grounded Theory



 KELEBIHAN PENELITIAN GROUNDED THEORY

1. Lebih terstruktur

Penelitian Grounded theory lebih terstruktur dibandingkan model penelitian lainnya, apik dalam cara agregasi data, maupun dalam melaksanakan pengurangan data.

2. Tidak sekedar menguraikan

Dalam penelitian grounded theory ini, peneliti tak hanya sekedar menguraikan atau agak-agih hasil penelitian, namun jua melepaskan sebentuk konsep. Peneliti grounded theory berusaha semaksimal mungkin buat menghasilkan teori atau mengembangkan sebentuk teori.

3. Penekanan ala cara

Dalam melaksanakan agregasi data, peneliti model grounded theory ini lebih meletakkan ala proses. Data digali dari perilaku yang sedang berlangsung (life history), tujuannya ialah buat membaca hal-hal yang bersifat kausalitas.

4. Tidak terpengaruh oleh teori

Dalam melaksanakan penelitian, peneliti sebisa mungkin menjauhkan awak dari teori-teori yang sudah ada, ini dimaksudkan agar peneliti tak terpengaruh dengan teori, akibat ala hakekatnya penelitian ini berangkat dari bahan menuju teori.

Beberapa hal yang selalu dipertanyakan oleh peneliti grounded theory meliputi:

  • Mengapa sesuatu bisa terjadi? 
  • Apa konsekuensinya? 
  • Seperti barang apa tahap-tahapnya?

KELEMAHAN PENELITIAN GROUNDED THEORY

Terlepas dari jumlah kelebihan yang dimiliki oleh penelitian grounded theory, tentu jua memiliki kelemahan-kelemahan. Berikut penulis ungkapkan kelemahan atau kekurangan dari penelitian grounded theory:

1. Membutuhkan tempo yang lama

Penelitian grounded theory membutuhkan tempo yang lama, akibat peneliti dituntut buat berhati-hati, apik dalam mengumpulkan data, maupun dalam melaksanakan pengurangan data, hingga menciptakan sebentuk teori.

2. Terlalu kompleks dengan membingungkan

Penelitian ini cukup menyita tempo akibat prosesnya sangat kompleks. Selain itu, penelitian ini jua dianggap oleh sebagian orang penelitian yang membingungkan sehingga butuh tempo dengan kondisi yang longgar.

Menurut Vredenbregt (1981), jumlah kelemahan penelitian grounded theory ialah sebagai berikut:

1. Mengandung berjibun bias

Penelitian grounded theory menggunakan analisa buat melaksanakan analogi dengan mensifatkan analisa dengan invensi yang baru, sehingga generalisasi yang dibuat akan mengandung berjibun bias.

2. Tidak menggunakan probability sampling.

3. Hasil akhir dari satu penelitian tergantung kepada objektivitas peneliti. Apakah hasilnya satu teori atau hanya ahad generalisasi saja, tak siap seorang pun yang ingat kecuali peneliti itu sendiri.

4. Validitas bahan diragukan akibat tak didasarkan ala langkah-langkah sistematis melalui daur empiris metode ilmiah

5. Teori yang dihasilkan dalam penelitian gronded theory tak melalui daur metode ilmiah.

6. Penelitian grounded theory hamper sama dengan pilot studi yaitu exploratory research belaka.

7. Karena dalam melepaskan arti berjibun sekali digunakan ajaran atau anggapan mereka sendiri, maka berat sekali dinilai dengan metode-metode umum lainnya yang sering dilakukan dalam penelitian kemasyarakatan.

Itulah kelebihan dengan kelemahan dari penelitian jenis grounded theory. Semoga bermanfaat... 

Baca juga: Makalah Grounded theory

Sekian detil perihal KELEBIHAN DAN KEKURANGAN PENELITIAN GROUNDED THEORY semoga tulisan ini bermanfaat terima kasih.